Kenakalan Pelajar Semakin Memprihatinkan

Pelajar sebagai anak muda yang memiliki potensi yang harus dikembangkan dewasa ini menjadi fenomena tersendiri dalam kehidupan sosial di Indonesia. Indonesia sebagai negara berkembang yang memiliki Piramida Penduduk Muda memiliki jumlah pelajar yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dengan kenyataan di mana setiap pagi hampir setiap angkutan umum penuh oleh pelajar yang menuju ke sekolahnya masing-masing.

Kehidupan sosial pelajar pun menjadi suatu fenomena tersendiri terlepas dari dunia non pelajar meskipun ada anak muda seusia pelajar yang tidak sekolah, tapi kehidupan sosialnya seakan-akan terlepas dari kehidupan sosial para pelajar.

Mengingat hal tersebut, maka kenakalan pelajar pun menjadi suatu kategori tersendiri yang sangat memprihatinkan. Fenomena kenakalan remaja dewasa ini jika dilihat memang sudah mendekati titik berbahaya, pelajar yang pulang sekolah tidak langsung ke rumah ataupun pelajar yang bolos saat jam pelajaran bisa kita lihat berkeliaran di jalan apalagi di kota-kota besar.

Hal ini harus menjadi sorotan banyak pihak, tidak hanya pihak sekolah dan orang tua yang harus bertanggungjawab, tapi seluruh komponen bangsa harus ikut serta menanganinya.

Pemerintah dalam hal ini seakan-akan menutup mata akan fenomena kenakalan pelajar, begitu pun aparat hukum, pelajar yang bolos, ugal-ugalan ataupun berkelakuan tidak layak, seolah-olah kebal hukum dan seolah-olah pihak berwajib tidak peduli akan hal itu.

Memang tidak semua pelajar nakal, bahkan mungkin dari semua pelajar di Indonesia pelajar nakal tidak lebih dari sepuluh persen, banyak sekali pelajar yang berprestasi dan memiliki jiwa dan moral yang patut dicontoh sebagai model manusia Indonesia seutuhnya.

Kenakalan pelajar sebagai fenomena sosial sudah selayaknya menjadi sorotan tersendiri bagi seluruh komponen bangsa yang dimulai dari diri sendiri, marilah kita bersama mencegah hal itu dimulai dari diri sendiri, rumah sendiri, anak sendiri, sekolah sendiri agar masa depan bangsa ini cerah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s