UPK Bojongpicung Salurkan Dana Sosial

UPK Bojongpicung selaku Unit Pengelola Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Bojongpicung, selain mengelola kegiatan, tahapan dan pelaksanaan program, juga mengelola dana simpan pinjam kelompok perempuan yang digulirkan setiap tiga bulan sekali.

Perguliran dana Simpan Pinjam ini setiap tahun menghasilkan surplus yang penggunaan surplus ini kemudian disepakati oleh Musyawarah Antar Desa yang diantara alokasinya adalah untuk dana sosial. Untuk surplus tahun Anggaran 2010, Musyawarah Antar Desa sepakat untuk penggunaan dana sosial yaitu disalurkan melalui penyelenggaraan Legalisasi Munakahat melalui Sidang Isbath Masal yang bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan Bojongpicung dan Pengadilan Agama Cianjur.

Pelaksanaan Legalisasi Munakahat Isbath Nikah Masal ini sesuai dengan jadwal dari panitera Pengadilan Agama Cianjur diselenggarakan dalam dua termin yaitu pada tanggal 21 dan 28 April 2011.

Pelaksanaan termin pertama pada tanggal 21 April 2011 diselenggarakan di Aula desa Bojongpicung dengan dihadiri oleh 21 pasangan nikah yang belum memiliki buku nikah.

Sidang isbath tersebut dilaksanakan oleh tiga hakim dari Pengadilan Agama Cianjur yang dihadiri juga oleh Camat Bojongpicung dan seluruh jajaran pelaku PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Bojongpicung.

Dalam sambutannya camat Bojongpicung Drs. Kodrat Nugrahana, M.Si. mengatakan bahwa buku nikah sebagai bukti sah pernikahan merupakan dokumen penting yang sangat berguna terutama untuk administrasi seperti akta kelahiran dan ibadah haji.

Senada dengan camat Bojongpicung, Ketua BKAD Kecamatan Bojongpicung yang juga merupakan ketua Asosiasi BKAD Kabupaten Cianjur, Dangin Puri, S.H., menekankan pentingnya buku nikah agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari seperti dalam hal faraidl dan sebagainya.

Asep Supardan D. Hariri, Ketua UPK Bojongpicung sebagai penyelenggara kegiatan mengharapkan agar kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat miskin yang tidak mampu untuk melegalkan status nikahnya.

Pasangan yang mengikuti kegiatan ini merupakan anggota kelompok Simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang masih memiliki kewajiban kepada UPK Bojongpicung. Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, kelompok perempuan tidak hanya meminjam kemudian mengangsur saja, tapi juga dibina secara bertahap oleh UPK baik secara administrasi maupun keuangan. Rencana ke depannya UPK Bojongpicung akan melakukan pembinaan kepada para kelompok peminjam agar dapat lebih mengelola usaha yang dimilikinya.

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Satu Balasan ke UPK Bojongpicung Salurkan Dana Sosial

  1. tukang brankas berkata:

    semoga dana sosialnya bisa dimanfaatkan secara maksimal bagi kesejahteraan dan mendatangkan berkah ilahi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s