Musyawarah Antar Desa III Penetapan Kecamatan Bojongpicung

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) sebagai salah satu program pemberdayaan yang berbasis masyarakat memiliki tahapan yang cukup panjang dalam setiap tahun anggarannya. Salah satu tahapan tersebut adalah Musyawarah Antar Desa. Musyawarah Antar Desa adalah musyawarah yang membahas agenda-agenda tertentu yang memutuskan berbagai macam kebijakan program.
Musyawarah Antar Desa terakhir dalam satu tahun anggaran adalah Musyawarah Antar Desa III Penetapan (MAD III atau MAD Penetapan). MAD ini memiliki agenda utama yaitu menetapkan besaran pendanaan usulan tiap desa yang telah dirangking pada MAD Prioritas usulan.
Kecamatan Bojongpicung sebagai kecamatan lokasi PNPM-MP telah melaksanakan MAD III tersebut pada hari Sabtu (7/5/2011) kemarin. Dalam MAD tersebut ditetapkan besaran biaya yang didanai oleh PNPM-MP untuk usulan yang telah dirangking pada MAD Prioritas. Total pendanaan dari PNPM-MP untuk seluruh desa yang ada di kecamatan Bojongpicung sejumlah Rp2.500.000.000 (dua milyar lima ratus juta rupiah) dengan rincian sebanyak Rp2.193.683.899 (dua milyar seratus sembilan puluh tiga juta enam ratus delapan puluh tiga ribu delapan ratus delapan puluh delapan rupiah) merupakan usulan fisik sarana prasarana dan sebanyak Rp306.316.100 (tiga ratus enam juta tiga ratus enam belas ribu seratus rupiah) merupakan usulan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan.
MAD III tersebut dibuka secara resmi oleh camat Bojongpicung yang diwakili oleh kepala seksi trantib yang juga merupakan PjOK kecamtan Bojongpicung, Endang Supiyandi. Fasilitator Kabupaten Cianjur, Drs. Ujang Aliyudin yang sempat hadir pada kesempatan tersebut memberikan sambutan yang menekankan akan kepatuhan kepada PTO PNPM MP merupakan satu-satunya kunci sukses PNPM-MP. Pada kesempatan itu juga Faskab memperingatkan agar segera dibentuk Tim Pemantau Perempuan yang terdiri dari sembilan orang perempuan per desa guna memantau pelaksanaan PNPM MP.
MAD III yang dipimpin oleh Ketua Forum MAD, Dangin Puri, S.H. tersebut, selain membahas dan menetapkan besaran dana usulan, juga menetapkan calon Tim Pelatih Masyarakat tingkat kecamatan, yaitu : Wandi Ubaidillah, S.Pd., Cucu Karwati, A. Hidayat dan Uus Basri, S.P.
Selain itu juga, UPK Bojongpicung yang diwakili oleh Sekretaris UPK, Aries Aprilian menyampaikan revisi atas Dana Operasional Kegiatan (DOK) RPJMDes.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s