Pelatihan TPK PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Bojongpicung Tahun 2011

Tim Pengelola Kegiatan merupakan tim yang melaksanakan kegiatan di tingkat desa, tim inilah yang sebenarnya mengelola langsung dana PNPM Mandiri Perdesaan, baik itu berupa penyaluran pinjaman kelompok perempuan maupun pengelolaan dana non ekonomi. Untuk itu, Tim Pengelola Kegiatan yang tangkas, cerdas, mengerti akan tupoksi dan memahami prinsip-prinsip PNPM Mandiri Perdesaan mutlak diperlukan.

Untuk itu maka pada hari kamis 25 Mei  2011 PNPM Mandiri Perdesaan kecamatan Bojongpicung menyelenggarakan Pelatihan Tim Pengelola Kegiatan untuk tahun 2011. Pada pelatihan tersebut, dibahas kembali berbagai isu-isu PNPM Mandiri Perdesaan yang dihadapi oleh para TPK, diantaranya adalah, Konsepsi PNPM Mandiri Perdesaan, Penyusunan Dokumen Perencanaan, Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa, Pengisian format BKU, RPD, LPD, Pengisian format HOK, penanganan masalah dan sebagainya.

Kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan di aula desa Hegarmanah itu diselenggarakan dengan teknik diskusi, sehingga peserta pelatihan yang notabene bukan orang baru di PNPM Mandiri Perdesaan dapat saling berbagi pengalaman ketika mengelola kegiatan di desanya masing-masing. Pelatihan tersebut dihadiri oleh seluruh TPK yang ada di kecamatan Bojongpicung yang terdiri atas 11 desa.

Dalam sambutannya, Ketua BKAD Kecamatan Bojongpicung, Dangin Puri S.H. menekankan pentingnya pelatihan bagi setiap pelaku PNPM Mandiri Perdesaan. Menurutnya, kegiatan pelatihan merupakan implementasi langsung dari pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan menuju masyarakat yang mandiri.

Adapun PjOK Kecamatan Bojongpicung, E. Supyandi memberikan amanat dalam sambutannya kepada seluruh TPK pada khususnya dan umumnya kepada semua lini PNPM Mandiri Perdesaan kecamatan Bojongpicung, untuk sebisa mungkin menjalankan program dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur dan amanah sehingga bisa terhindar dari berbagai macam masalah.

Kegiatan pelatihan tersebut menjadi tonggak mulai bertugasnya Tim Pelatih Masyarakat (TPM) Kecamatan Bojongpicung yang baru saja terbentuk pada saat MAD III. TPM yang terdiri atas Wandi Ubadilah, S.Pd., Cucu Karwati, Hidayat, dan Uus, selanjutnya akan mengambil alih pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan PNPM Mandiri Perdesaan, yang biasanya dikelola dan diselenggarakan oleh Unit Pengelola Kegiatan. Pembentukan TPM sendiri sejalan dengan dibentuknya Ruang Belajar Masyarakat Kabupaten Cianjur.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pelatihan TPK PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Bojongpicung Tahun 2011

  1. AHMAD YANI berkata:

    Kalau bisa kami mohon dilampirkan materi pelatihan agar materi tersebut bisa dipelajari semua lapisan masyarakat terutama para calon pengganti tpk yang belum pernah menerima pelatihan. Dan kami masyarakat pun bisa mengingatkan bila tpk lalai atau menyeleweng dalam pelaksanaan tugasnya. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s