Pelatihan Tim Pemantau Perempuan Kec. Bojongpicung

PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menjadikan masyarakat desa lebih berdaya dan mandiri. PNPM Mandiri Perdesaan memiliki azas DOUM, yang berarti Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat, sehingga masyarakat harus terlibat sepenuhnya dalam PNPM Mandiri Perdesaan, mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan maupun Pertanggungjawaban. Dalam prakteknya pemantauan dilaksanakan oleh suatu tim desa yang disebut dengan Tim Monitoring dan Tim Pemantau Perempuan.

Guna membekali para Tim Pemantau Perempuan dalam melaksanakan tugasnya di desa masing-masing, PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Bojongpicung pada tanggal 5 Juli 2011 melaksanakan kegiatan Pelatihan Tim Pemantau Perempuan. Tim Pemantau Perempuan ini merupakan tim yang dibentuk saat Musyawarah Desa Informasi (MD III) yang bertugas untuk memantau pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di desanya masing-masing. Pemantauan yang dilaksanakan meliputi pelaksanaan usulan ekonomi (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) maupun usulan non ekonomi.

Pelatihan yang diselenggarakan di aula Desa Bojongpicung tersebut diselenggarakan oleh Organizing Committee yang diketuai oleh Ajat Sudrajat yang juga merupakan Pendamping Lokal PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Bojongpicung. Selain dihadiri oleh seluruh perwakilan Tim Pemantau Perempuan  yang ada di Kec. Bojongpicung, pada kesempatan itu juga hadir ketua BKAD Kec. Bojongpicung, Dangin Puri, S.H. dan PjOK Kec. Bojongpicung E. Supyandi.

Pada kesempatan itu, PjOK Kec. Bojongpicung, E. Supyandi menyampaikan kepada para Tim Pemantau Perempuan bahwa dalam setiap pencairan dana, baik itu untuk usulan ekonomi maupun non ekonomi, tidak pernah adanya pungutan. Para pelaku kecamatan tidak pernah melakukan pemotongan sedikitpun. Sementara itu, ketua BKAD Kec. Bojongpicung, Dangin Puri, S.H. menyampaikan teknik penyelesaian masalah pada PNPM Mandiri Perdesaan. Dalam Pelatihan tersebut juga disampaikan sosialisasi SOP Simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang sudah dibahas di MAD Perguliran yang disampaikan oleh Sekretaris UPK Bojongpicung, Aries Aprilian.

Selanjutnya, para Tim Pemantau Perempuan ini akan bertugas di desanya masing-masing dan akan memberikan laporan berkala setiap dilaksanakannya Musyawarah Desa Pertanggungjawaban (MDPJ).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s