Lomba Tingkat Regu Penggalang Kwartir Ranting Bojongpicung

Kwarran Bojongpicung,

Gerakan Pramuka merupakan suatu Gerakan Pendidikan Kepanduan yang menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan, sebagai ciri khas kepramukaan dari pendidikan lain.
Salah satu Metode Kepramukaan adalah Sistem Beregu. Sistem beregu adalah metode kepramukaan yang mensyaratkan bahwa penyelenggaraan pendidikan kepramukaan dilaksanakan secara beregu. Tiap anggota muda tergabung dalam satuan-satuan kecil. Satuan kecil tersebut berbentuk barung bagi pramuka siaga, regu bagi pramuka penggalang, sangga bagi pramuka penegak dan reka bagi pramuka pandega.

Untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan, yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang maka harus diselenggarakan kegiatan pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Perlombaan yang dimaksud disebut dengan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang.

Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (yang kemudian disingkat LT) ini berjenjang dari tingkat Gugus Depan (LT I) sampai dengan tingkat Nasional (LT V). Juara LT I merupakan regu terbaik di gugus depannya, Juara LT II merupakan regu terbaik di Kwartir Rantingnya dan seterusnya, sehingga diambil kesimpulan bahwa juara LT V merupakan regu terbaik se-Indonesia.

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bojongpicung pada tanggal 12 sampai dengan 14 Nopember 2011, telah menyelanggarakan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Bojongpicung (LT II Kwarran Bojongpicung). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dihadiri oleh semua gugus depan yang ada di wilayah kerja Kwartir Ranting Bojongpicung.

Dalam kegiatan tersebut dilombakan berbagai macam materi kepramukaan seperti KIM, Tanda Pengenal, Morse, Semaphore, Sandi-Sandi, Peta Pita, Tali Temali, Panorama, P3K, Baris Berbaris, Pengetahuan Kepramukaan, Pengetahuan Umum, Pentas Seni dan Hasta Karya. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh seluruh peserta dengan antusias meskipun kegiatan lomba tingkat tersebut diwarnai oleh hujan yang mengguyur tempat kegiatan.

Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung tersebut menghasilkan juara yang akan dikirimkan ke Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Cianjur. Secara kebetulan yang menjadi juara baik itu regu putera maupun puteri diraih oleh regu pramuka penggalang dari gugus depan MTs. Muslimin Cikondang, sehingga gugus depan MTs. Muslimin Cikondang akan dikirimkan ke Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Cianjur (LT III).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s