Penilaian Pramuka Garuda

Kwarran Bojongpicung,

Dalam setiap golongan terdapat Tanda Kecakapan yang terdiri atas Tanda Kecakapan Umum, Tanda Kecakapan Khusus dan Tanda Pramuka Garuda. Pramuka Garuda merupakan kecakapan tertinggi yang dapat diperoleh oleh setiap pramuka di setiap golongannya. Seorang Pramuka Garuda adalah pramuka yang sudah menjadi teladan dalam mengamalkan Pancasila dan Kode Kehormatan, baik itu di gugus depannya maupun di kehidupan sehari-hari.

Untuk menjadi seorang Pramuka Garuda, seorang pramuka harus menempuh Syarat-Syarat Pramuka Garuda. Syarat-syarat Pramuka Garuda ini dinilai oleh sebuah tim yang dibentuk oleh Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang. Tim penilai Pramuka Garuda terdiri dari Pembina Satuannya serta beberapa orang yang ditunjuk oleh ketua Kwartir. Ketua Kwartir harus menunjuk seorang Pembina Mahir untuk menilai seorang Pramuka. Selain daripada itu, penilaian Pramuka Garuda pun menyeluruh, orang tua, tokoh masyarakat, ketua RT, RW, Kades/Lurah pun dipinta rekomendasinya dalam penilaian seorang Pramuka.

Pada tahun 2011, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat kembali menggalakan penilaian Pramuka Garuda. Melalui Kwartir Cabang-Kwartir Cabang se Jawa Barat disebarkan edaran untuk penilaian Pramuka Garuda. Untuk Kwartir Ranting Bojongpicung, akan dikirimkan para pramuka dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak untuk dinilai menjadi Pramuka Garuda. Penilaian di Kwartir Ranting akan berlangsung sampai dengan tanggal 20 Nopember 2011. Setelah itu akan dilanjutkan dengan penilaian di Kwartir Cabang Cianjur. Penyematan Tanda Pramuka Garuda untuk mereka yang lulus akan diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Cianjur (MUSCAB)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s